Usaha Nita Jual Produk Budaya Indonesia di AS Berbuah Manis

Jakarta – Membangun usaha dari sebuah hobi ternyata tak hanya dilakukan oleh orang indonesia saja di sini. Nun jauh disana tepatnya di Amerika Serikat ada seorang wanita bernama  Nita Mayasari yang mendirikan usaha juga berawal dari hobi. Wanita yang tinggal di Virginia, Amerika Serikat  ini hobi koleksi pernak-pernik tradisional Indonesia. Hingga terbesit niatan untuk memasarkan produk-produk budaya Indonesia di negeri Paman Sam.

Dengan onlineshop-nya bernama Nimas Galleria, usaha Nita yang baru tanpa dinyana berhasil memikat bule-bule Amerika. Bahkan, sudah menerima banyak sekali pesanan dari negara-negara bagian di wilayah Amerika Serikat.  Bagaimana ceritanya Nita dapat menjual produk Indonesia disana, berikut petikan wawancara bersama Nita Mayasari setahun yang lalu

Bisa diceritakan awal mulanya mendirikan Nimas Galleria di AS?

Sebenarnya bisnis saya ini adalah berasal dari hobi kecil-kecilan saja.  Dari niat iseng yang suka mengkoleksi barang-barang unik dan malah memberikan inspirasi yang membawa berkah. Saya yang menikah dengan warga Amerika baru punya satu putra mungil memang dari sejak kecil sangat menyukai seni. Hobi saya sama dengan suami saya yang juga suka mengkoleksi pernak pernik tradisional, seperti  ukiran, topeng, wayang dan segala hal yang berbau-bau etnik dan eksotik.

Lantas bagaimana perkembangannya?

Pada awalnya kita hanya ingin mengisi waktu luang dengan memperkenalkan produk bangsa Indonesia di AS dan menawarkan produk 100% handmade asli Indonesia dari mulut ke mulut saja. Kita berpikir bahwa tak ada salahnya menabung dan dan menata mimpi untuk hari tua dari awal-awal dengan memulai bisnis dari hobi.

Gayung bersambut, ternyata peluang usaha ini sangat menguntungkan. Sahabat, kerabat, tetangga, kolega, teman kantor suami, dan bahkan teman-teman dari tetangga pun mulai banyak  yang mampir ke rumah kita.

Dari situlah, bisnis yang awalnya hanya iseng tidak lama kemudian kita usahakan dengan lebih serius, hingga akhirnya sampai kita punya website yang traffik-nya kencang dan online bisnis yang lumayan. Dan dari situlah online shop yang berlabel Nimas Galleria terlahirkan.

Sudah berapa lama didirikan? dan apa sajakah produk-produk yang dijual atau dipasarkan di Nimas Galleria?

Bisnis kita sebenarnya sudah berjalan secara konsisten sekitar awal tahun 2016 cuma secara official online launching-nya baru sekitar sebulanan. Produk yang dipasarkan di Nimas Galleria adalah pakaian, pernak-pernik, dan barang-barang eksotik asli Indonesia yang 100% handmade, unik, dan eksklusif.

Proses produksinya seperti apa? pemasarannya? apakah dengan offline atau online? ataukah perpaduan keduanya

Proses produksi sederhana  saja sebenarnya, sebaiknya masalah proses merupakan kunci kesuksesan sebuah perusahaan,  sebaiknya kita cover secara generik saja. Prosesnya saya bekerja sama dengan sejumlah pengrajin dan seniman pilihan asli Indonesia. Lalu setelah barangnya masuk ke quality control semuanya dikirim ke Amerika melalui EMS Express yang lumayan mahal biayanya.

Dalam menjalankan bisnis ini, apakah selama ini menemui kendala tertentu? dan bagaimana mengatasinya?

Kendala serius selama ini belum ada, kecuali untuk barang-barang yang dalam pengiriman pecah dijalan, atau pengepakan dari pengrajin yang mungkin berubah (shifting during travel) sehingga begitu barang jualan kita sampai ada yang rusak. Tapi itu semuanya adalah resiko bisnis.

Selain itu, semuanya masih lancar saja. Kalau soal barang kiriman dalam perjalanan 38 jam terbang resiko “barang pecah” memang tidak bisa dipungkiri dapat gampang terjadi.

Respon pasarnya sendiri seperti apa disana?

Niat saya setulusnya ingin terus mempromosikan produk Indonesia, sebagai wujud cinta saya kepada Tanah Air. Rasanya bangga sekali kalau produk Indonesia berlabel “Nimas Galleria” dipakai orang dan disukai warga lokal Amerika. Banyaknya peminat dan pesanan yang bertubi-tubi akhirnya  kita pun semakin yakin ingin lebih serius dan menjangkau pasar lebih luas.

Nimas Galleria yang dikaruniakan Tuhan kepada seorang wanita muda seperti saya, asal daerah pelosok di Gresik- Jawa Timur ini sudah menerima banyak sekali pesanan dari negara bagian lainnya di Amerika (out of states customers dari 50 negara bagian).  Disamping kita berusaha membangun bisnis ini dan memperluas pasar, kita juga berusaha keras membudidayakan ketrampilan dan memberi nafkah para pengrajin dan seniman asli di Indonesia.

Untuk harapan kedepan untuk Nimas Galleria?

Harapan kedepannya untuk Nimas Galleria adalah agar suatu hari nanti dapat menembus seluruh lapisan pasar benua Eropa juga dari homebase kami di Virginia USA. Pedoman kita sederhana saja, yaitu  “Dream big… The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s