Networking Penting Untuk Desainer Indonesia di AS

Amerika Serikat seperti magnet bagi para desainer. Pusaran dunia fesyen selain Perancis, berputar di negeri Paman Sam. Tak heranlah jika berbondong-bondong para desainer termasuk dari Indonesia mempertunjukkan koleksi terbaiknya dalam berbagai acara peragaan busana. 

Jakarta – Vanny Tousignant memang bukan lagi warga negara Indonesia.  Vanny telah lama menetap di Amerika Serikat. Hampir 30 tahun dia  tinggal di New York City. Wanita ini pun telah memilih menjadi warga Amerika. Warga negara sudah berubah, tapi melalui karyanya Vanny tak pernah lupa asal usulnya. Dia  menampilkan ke-Indonesiaannya melalui koleksi fesyen. Koleksinya pun sudah hilir mudik ke berbagai peragaan busana disana.

Berawal Dari Hobi

Vanny berkecimpung didalam dunia fesyenterbilang baru karena dia mulai sekitar 3.5 tahun yang lalu. Awalnya hanya sebatas hobi yang disukainya dari kecil. Hingga sampailah dia melihat peluang bisnis fesyen di AS sepertinya menjanjikan.

Singkat cerita,  Vanny memberanikan diri membuka lini fesyen yang dinamai Vanny Fashion. Fesyen dan desain Vanny menyasar segmen untuk anak-anak, remaja, orang tua. “Ada ready to wear dan ada juga custom made.” katanya.

Untuk proses pengerjaannya, Vanny mendesain sendiri dan memberikan gambaran atau sketsa kepada tiga penjahit di Indonesia dan satu penjahit lokal di Amerika. Dalam show-nya dia dibantu Jenny Winters salah satu model Indonesia yang berdomisili di New York sebagai public relation.

“Untuk pasar produksi dan desain cukup bagus di Amerika khusus untuk ready to wear-nya.” katanya. Motifnya sendiri, Vanny menerapkan unsur Indonesia, Batik, Tenun dan Songket. “Saya selalu belajar pasar fesyen itu sendiri dan belajar mengenal keinginan customer saya. “ tambahnyakepada penulis beberapa waktu lalu.

Vanny mengingat pertama kali ikut fashion show di New York City pada acara Indonesia Expo, dilanjutkan seminggu kemudian ke New York Couture Fashion Week. Disana dia terpilih menjadi salah satu desainer untuk acara tahunan dari salah satu Perguruan tinggi di New York City, John Jay College.

Sampai saat ini Vanny sudah delapan kali mengikuti Fashion Show di New York City dan satu kali Fashion Show di Chicago. Masih ada tiga lagi rencananya untuk Fashion Shownya di bulan September 2016.  Tiga  dari desain Vanny  juga sudah diterbitkan oleh majalah I Fashion  magazine, majalah fesyen untuk wilayah Amerika.

Tak hanya itu, Vanny juga pernah terpilih dalam kompetisi desainer terbaik untuk New York Fashion Week 2016, dan berhasil masuk semi final dengan dua desainer lainnya di kategori Couture Designs.

Untuk lebih mengenalkan lini fesyennya, Vanny juga telah membuka butik di New York City dengan nama Indonesia Fashion Gallery bersama dengan dua partnernya dari Indonesia, Teti Nurhayati dan Dina Fatimah. Dengan ini Vanny berharap bisa lebih maju dan lebih di kenal di Amerika sebagai salah satu desainer Amerika kelahiran Indonesia.

Networking Jangan Dipandang Sepele

Menyoal  desainer asal Indonesia yang sering kali tampil di acara fesyen di Amerika Serikat. Vanny berpendapat mereka kurang dalam hal networking di AS jadi kurang dikenal sama masyarakat Amerika disini.

“Designer Indonesia yang dikenal oleh masyarakat Amerika disini contohnya Anniesa Hasibuan. Karyanya pernah mendapatkan penghargaan di Couture Fashion Week New York City.” Kata dia.

Selain itu, banyak yang ke AS setelah selesai Fashion Show kembali ke tanah air tanpa ada waktu untuk press conference di Amerika. Kalaupun ada press conference hanya sebatas di Konsulat Indonesia maupun masyarakat Indonesia disini saja. “Mereka harus lebih giat dan berbaur dengan pers Amerika sendiri.”tegasnya.

Jadi bisa dikatakan networking dan lamanya tinggal itu penting disana untuk desainer mengembangkan bisnis fesyennya di Amerika Serikat. “Saya selalu mengikuti perkembangan di dunia fesyen disini, keuntungan saya mungkin karena saya memang tinggal disini dan lebih aktif mengikuti fashion show disini.”pungkasnya.

Oh iya bagi yang mau lihat-lihat koleksi Vanny Fashion bisa ditengok disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s