Optimisme Tinggi Untuk Sektor Pendidikan Indonesia

Jakarta – Tingkat optimis ribuan tenaga pendidik sangat tinggi bersamaan dengan kehadiran 100 perusahaan pendidikan internasional yang ada dalam acara GESS Indonesia 2016 di Jakarta Convention Center.

Salah satu narasumber, Arief Rachman Ketua harian UNESCO Indonesia sangat positif melihat perkembangan pendidikan Indonesia di masa depan. “Manajemen pendidikan adalah kunci utama untuk proses belajar dan mengajar. Ada perbedaan yang cukup signifikan antara berbagi pengalaman dengan sharing praktek monoton yang dijalankan setiap hari. Melalui GESS Indonesia, guru dapat belajar dari berbagai lokakarya tenaga pelatihan pendidikan, dan diharapkan keterampilan akan terus terasah dalam 20 tahun kedepan sehingga pada akhirnya memperbaiki kualitas pendidikan di sekolah sekolah di Indonesia” ujarnya.

Seiiring perkembangan pendidikan di negara ini, ekonomi negara juga akan merasakan dampaknya. Dalam presentasi mengenai Pendidikan Kejuruan sebagai penggerak ekonomi, Matthew Anderson Managing Director TVET UK mengatakan bahwa tuntutan global mengharuskan SDM yang berkualitas dengan kemampuan yang baru dan tidak terbatas. Ia menambahkan TVET dapat membantu siswa kejuruan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris dan menjadikan lulusan Indonesia dapat dihargai di belahan dunia lain.

Perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan juga Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberikan sanjungan kepada panitia untuk acara yang telah dilaksanakan dengan baik.

“Pembicara berkualitas dan diskusi tingkat tinggi dapat bermanfaat bagi mereka yang telah hadir disini dan juga menginspirasi kami semua cara cara baru untuk mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia. Kami senang dapat bekerjasama dengan GESS Indonesia di tahun tahun selanjutnya” kata Ananto Kusuma Seta Staf Ahli Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ia menambahkan “Pendidikan adalah kunci utama untuk segala masalah di dunia. Acara ini sangat bagus dan bermanfaat bagi guru dan juga untuk mereka yang berada di manajemen sekolah yang mendapatkan pandangan menarik dari berbagai lokakarya yang disajikan dan juga berbagai peralatan dan perlengkapan pendidikan yang dipamerkan. Diharapkan, apa yang mereka telah petik pelajarannya dari acara ini dapat membawa perubahan positif untuk sekolah sekolah di seluruh Indonesia”

Kesempatan bisnis yang terbuka lebar
Tahun ini, GESS Indonesia menyambut 100 perusahan lokal dan mancanegara dari 20 negara yang turut memamerkan sarana dan prasarana pendidikan. “Berbagai masukan yang kami dapatkan sejauh ini sangat positif. Ini menandakan potensial yang sangat besar untuk pasar pendidikan Indonesia bagi para supplier dan penyedia solusi pendidikan. Ada keinginan yang sangat besar dari pemerintah, sekolah negeri dan swasta untuk sarpras pendidikan yang bermutu tinggi yang dapat membantu guru mengajar siswa dari semua tingkatan dengan baik” ujar Matt Thompson, Project Director F&E Education, penyelenggara GESS Indonesia

Managing Director Extramark, Atul Kulshrestha mempunyai harapan yang sama mengenai kesempatan menjalin bisnis pasar pendidikan Indonesia. “Tidak ada ekonomi yang akan berjalan jika pendidikannya tidak dikembangkan. Setiap siswa harus dibekali pengetahuan dan keterampilan yang baik supaya dapat berkontribusi terhadap pembangunan suatu ekonomi. Kami mempunyai berbagai solusi pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan tentunya dapat membantu Indonesia sejajar dengan negara yang lain”

Sementara itu, Noel Perinpanathan, Business Development Manager Famic Technologies mengatakan, “Kami melihat adanya pasar yang berkembang di Indonesia, dan itulah salah satu alasan mengapa kami mengikuti acara GESS Indonesia; untuk menjalin relasi dan kerjasama. Acara ini menjadi wadah yang sangat bermanfaat untuk mencapai tujuan kami tersebut dan kami sangat senang berpartisipasi tahun ini. Melihat perkembangaan negara ini yang sangat cepat, kami melihat kesempatan yang sangat luas untuk memberikan pelatihan kejuruan berkelas dunia bagi masyarakat disini.”

Secara keseluruhan, pendapat dari peserta pameran sangat optimistik. Konsultan Festo Didactic Amri Kosim mengatakan, “Kami diberikan kesempatan berkomunikasi langsung dengan sekolah mengenai teknologi dan produk dan solusi laboratorium yang kami miliki. Acara seperti GESS Indonesia sangat bagus untuk memperkenalkan teknologi terbaru ke pasar.”

Partisipasi Level Tinggi
Baru di tahun kedua, GESS Indonesia telah menjadi acara pendidikan premier di Indonesia dan Asia Tenggara.

Caroline Wright, Direktur Jendral British Educational Suppliers Associations (BESA) memuji kehadiran level tinggi para pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta beragam asosiasi profesi guru di acara. “Ini membuktikan betapa pentingnya acara ini tidak hanya untuk Indonesia tetapi juga anggota kami yang ingin memasuki pasar Indonesia. Tahun ini, kami sukses membawa 15 anggota kami yang sangat terkesan oleh peserta yang datang, termasuk tenaga didik dan perwakilan sekolah yang sangat antusias dan tertarik dengan peralatan yang kami pamerkan.”

Menurut Thompson, GESS Indonesia telah berkembang secara pesat sejak diluncurkannya acara tahun lalu. “Kami berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah datang dan serta dukungan yang kami terima dari pemerintah. Kami sangat bangga atas partisipasi dari semua mitra kami dan kami harap dapat bekerja sama kembali di tahun tahun mendatang”.

GESS kembali diadakan di Indonesia tahun 2017 pada 27 – 29 September di Jakarta Convention Center.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s