Tags

,

420cb5c12337b49f071d94d32b463b80

Sedikit susah menemukan pabrik kapal yang satu ini, terlebih bagi orang yang awam dengan wilayah Marunda di Jakarta Utara. Ungkapan malu bertanya sesat dijalan menjadi jaminan 100 persen terjadi apabila tidak dilakukan. Bertanya kemari kemari, bolak balik karena alamat yang dituju kelewatan, namun akhirnya pencerahan datang dari seorang tambal ban yang mengatakan alamat yang dituju itu persis dibelakang tempatnya dia mangkal.

Tak pakai lama, kendaraan pun diarahkan kesana. Sesampainya disana pemandangan lumrah pun dijumpai, bengkel seperti layaknya bengkel dengan apapun jenis kendaraanya pasti terkesan jauh dari kondisi rapi, begitu juga dengan pabrik kapal ini. Namun terlepas dari itu, pabrik kapal yang telah ada selama puluhan tahun ini masih menampakkan geliatnya. Para pekerja sibuk dengan aktivitasnya dan kapal besar bersandar di dermaga belakang menjadi bukti, pabrikan kapal ini masih menunjukkan taji produktivitasnya dalam membangun dan memperbaiki kapal.

Memulai bisnis kapalnya semenjak si mpunya pabrik bekerja di perusahaan kapal, lambat laun berbekal pengetahuan yang diterimanya secara langsung saat masih menjadi pekerja. Pria berkacamata ini pun memberanikan diri untuk mendirikan sebuah bengkel kapal dengan spesifikasi membangun sekaligus memperbaiki kapal.

Bak gayung bersambut, walau dengan susah payah merintis usahanya, kini produksi kapalnya digunakan oleh banyak kalangan. Para customer kapal tidak hanya datang dari kalangan perorangan maupun  pihak swasta namun juga datang dari kalangan pemerintah pusat dan daerah”, seperti yang diungkapkan oleh H. Artiman direktur  CV. Cisanggarung Putra Abadi, di ruang tamu salah satu sudut ruang kantornya kepada penulis beberapa tahun yang lalu.

Sebut saja nama PT Pelindo II, untuk kapal Bandar I dan MP I F.02, Balai taman Nasional Kepulauan Seribu dengan nama kapal Panjaliran dan julung-julung, Dinas Perhubungan Propinsi DKI Jakarta, dan Sudin Kesehatan Kab Adm Kepulauan Seibu adalah beberapa costumer yang mempercayakan proses pembuatan kapalnya di perusahaan yang terletak di Jalan Marunda Makmur Rt.007/01 Marunda-Cilincing Jakut.

Promosi dari Mulut ke Mulut

Dalam hal pemasaran bagi produk-produk kapalnya, seperti yang dikatakan oleh H. Artiman, perusahaan ini lebih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut atau dengan kata lain lebih ke promosi personal karena menurutnya model penjualan seperti itulah yang lebih efekif.

Untuk pembuatan kapalnya, perusahaan  ini memproduksi berbagai macam spesifikasi jenis-jenis kapal, seperti pembuatan kapal laut berbahan fibreglass kapal penumpang, kapal pesiar, kapal pancing, kapal cepat (sport), kapal semi kapal selam, kapal kerja, kapal patroli, kapal puskesmas, RIB (Rigid Inflatable Boat) / searider, dan yang lainnya. Proses waktu pembuatan sangat relatif dan tergantung jenis kapal yang diproduksi, biasanya yang cepat itu kapal untuk memancing berbeda dengan kapal penumpang atau pesiar yang akan memerlukan waktu yang lama.

Aktifitas membuat dan memperbaiki kapal-kapal segala ukuran dari bahan fiberglass yang sesuai. Perbaikan kapal laut fibreglass meliputi perbaikan docking (docking repair), perbaikan di atas air (floating repair), perbaikan mesin, perbaikan struktur kapal, dan eletrikal.  “Untuk bagian interior ruangan kapal biasanya tergantung dari pihak pemesan kapal, kami menawarkan berbagai macam jenis desain interior internal kapal.” ungkap pria yang lahir di Kuningan, Jawa Barat ini.

Jumlah rancang bangun kapal motor yang diproduksi perusahaan ini dari tahun 1987 sampai 2009 sebanyak 991 unit, untuk sambung body sebanyak 26 unit, sedangkan perbaikan rutin sebanyak 5-10 kapal dalam 1 tahun, perbaikan yang gagal laik laut sebanyak 7 unit dan perbaikan seluruh kapal berbahan fibreglass.

Untuk mempertahankan hasil kualitas produksi kapalnya, perusahaan yang berdiri sejak tahun 1987 ini didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya. “Untuk sekarang ini pekerja yang digunakan untuk produksi kapal fiberglass sebanyak 50 orang tetapi pernah perusahaan kami menggunakan pekerja 100 orang lebih tergantung dari kebutuhan” ungkap dia sambil menambahkan bahwa kebanyakan dari para pekerjanya sendiri selain berasal dari daerah Jawa Barat dan sekitarnya, perusahaan ini juga merekrut pekerja dari lingkungan sekitar.