Nehi-nehi Militia Mati Untuk India

karva-chauth-500x250

Banyak yang tidak suka, tapi banyak pula yang tergila-gila. Ya, film India plus lagunya banyak menyihir manusia di Indonesia. Ingat saja, Jakarta kemarin sempat diguncang oleh kedatangan Shahrukh Khan untuk yang kedua kalinya. Bertempat di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, aktor sekaligus penyanyi nan tampan ini berhasil membius sekitar ribuan kepala.

Dan tentu saja mereka yang menyaksikannya adalah mereka yang begitu suka dengannya. Yup, tak dipungkiri lagi kedatangannya begitu dielu-elukan, walau tiket masuknya tak bisa dikatakan murah. Tapi apa lacur, idola datang kocek di kantong pun tak peduli melayang.

Berbicara soal penggemar berat nehi-nehi,  di Jakarta ada satu komunitas yang bernama komunitas Shahrukh Khan Fans Club Indonesia  yang biasa disingkat (SRKFCI). Komunitas ini berisikan orang-orang yang begitu ‘menggilai’ Shahrukh Khan.  Banyak dari mereka yang tergabung dalam komunitas itu rela merogoh koceknya dalam-dalam demi sebuah merchandise berbau  Shahrukh Khan, mulai dari  t-shirt, buku profil, DVD, poster, pin, parfum, dan lain-lain.

Selain dari SRKFCI ada pula komunitas Bollywood Mania Club Indonesia (BMCI). Komunitas ini berisikan para penggemar, pencinta dan pemerhati film-film Bollywood yang terbentuk awalnya dari majalah Bollywood yang pernah terbit di ibukota, beberapa waktu yang lalu. Namun karena responnya cukup baik saat itu, maka pembacanya lantas membuat komunitas penggemar film-film India.

Nah, nun jauh di Pulau Dewata  sana ada satu wanita yang gilanya terhadap India bisa dikatakan sudah akut. Ida namanya, bisa dibilang wanita berumur 26 tahun  yang kerja di perusahaan swasta di Bali ini adalah seorang maniak dari semua yang berhubungan dengan India.  Bayangkan tak urang kurang lebih 800 kaset, DVD, sampai CD dikoleksi olehnya. Mau bajakan di harga Rp.10.00 sampai yang original yang berkali-kali lipat harganya, dia miliki.

Bahkan 150 GB dia habiskan untuk mengisi lagu-lagu plus film India di komputer personalnya. Butuh waktu yang lama mengunduh, wong jumlahnya segitu.  Dia mencarinya di sekitaran Bali dan kota-kota lainnya. “sekarang sih enak, tinggal download dulu kan susah jadi mesti beli” kata dia. iPhone terbarunya saja hanya diisi oleh lagu-lagu india, ringtonenya pun setali tiga keping.

Hobinya berawal dari keluarga, dari nenek hingga cicit suka india semuanya, seperti kutukan mungkin iya karena kegemaran itu diwariskan dari keluarganya sendiri dan tak pernah lekang oleh waktu. Setiap  saat tak peduli jam kerja, Ida selalu menyematkan nonton film sekaligus lagu-lagu india yang ada di netbook kecilnya. Di saat sela kerja, teman sejawatnya melihat Facebook atau Twitter, dia malah asik dengan netbook kecilnya melihat cuplikan lagu atau film India. “saya pasti sempatkan melihat itu” bilang dia.

Penggemar film Veer Zaara yang dibintangi Shahrukh Khan ini tanpa tendeng aling menjawab seneng saja terhadap film dan musik India.  Jawabannya  cukup singkat bagi dia yang memiliki koleksi sebanyak itu. Yup, baginya  film india sangat tidak membosankan, karena disana ada cinta, kesetiaan, pengorbanan dan nilai-nilai humanis lainnya. Tak heran dia beserta keluarganya akan menyempatkan waktu bersama menonton jika keluar film India teranyar.

Dan lucunya lagi tak jarang saat dirinya pulang ke rumah, dia beserta keluarganya akan berkaraoke ria bersama-sama di saat weekend tiba. Tetangga mungkin pikirannya peduli setan yang penting lagu India tetap tersetel di playernya.   Volume setengah full mereka bernyanyi di depan layar TV, mulut komat kamit ala kadarnya. Saat bermobil pun tak jarang, request utama yang terlontar dari para keluarga yang kebetulan ikut di dalamnya adalah sebuah lagu India.

Itu Ida lain halnya dengan Leli, cewek berusia 24 tahun ini kenapa dia suka dengan india? Pertama, seperti yang dikatakannya, berawal dari film india kemudian berlanjut ke juga ke lagu-lagunya, sering menyanyiakan, namun  sayang leli ini hanya dapat mengucapkan saja kalimat-kalimatnya tanpa mengerti artinya beda dengan Ida yang sedikit mengerti arti syair yang dinyanyikannya sering.

Suka sama film dan musik india, tetapi kebanyakan dia melihat vidoenya hanya melalui televisi dan youtube. Untuk koleksi yang dipunyai memang tidak sebanyak yang dimiliki oleh ida. Leli ini lebih merasa film dan lagu-lagu india sebagai alternatif hiburan yang sangat menyenngkan. Film india sendiri menurutnya bagus karena banyak yang soal cinta, maklum saja Leli ini termasuk wanita melankolis yang suka sekali dengan hal-hal yang berbau cinta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s