Catatan Kata Kelana

Sejarah Pondok Bambu, hahahahahha

90350617

Lucu juga setelah membaca buku karya salah seorang wartawan yang bekerja di koran ibukotta tentang Sejarah Jakarta, kenapa? karena di salah satu bagian bukunya itu dia membahas mengenai sejarah dari tempat saya tinggal sekarang, yaitu Pondok Bambu, hehehehhee

Tanya dinyana, akhirnya saya mengetahui sendiri sejarah kenapa daerah tempat tinggal saya ini dinamakan Pondok Bambu. Tak hanya saya, melainkan seluruh anggota keluarga yang kebetulan juga membaca buku itu tahu akhirnya sejarah tempat tinggalnya. Terkekeh-kekeh memang apalagi reaksi bapak saya setelah membaca sebagian isi dari buku itu, ia berkesimpulan ternyata banyak nama tempat di Jakarta terinpirasi dari nama jenis tumbuh-tumbuhan, ya contohnya Pondok Bambu, pondok kelapa, pondok kopi dan yang lainnya.

Pondok Kelapa, kenapa nama daerah itu dinamakan pondok kelapa? Tak lain karena dulunya di wilayah itu banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa. Nah, kalau pondok kopi setali keping dengan Pondok Kopi, dulunya tempat ini banyak ditanami oleh pohon kopi yang kemudian dijadikan sebagai komoditas dagang oleh pemerintahan Kolonial untuk diperdagangkan. Di tempat ini dulunya juga banyak pondok-pondoknya yang digunakan oleh tentara kompeni Belanda untuk tinggal.

Lantas bagaimana dengan Pondok Bambu itu sendiri? sejarahnya cukup sederhana karena dulunya di daerah itu banyak pondok yang terbuat dari bambu. Hehehehe. Di masa kolonial Belanda hingga zaman kemerdekaan, kota batavia memang banyak pondok atau tempat tinggal sementara. Lantaran belum banyak kayu, pondok-pondok itu pun dibuat dari bambu. Dimanfaatkannya bambu tak lain karena tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan karena di hampir semua kebun-kebun penduduk banyak bambu ditanam. Rumah pondok semuanya menggunakan bambu, dari tiang-tiangnya, atapnya sampai perabootannya. Nah, darisanalah nama Pondok Bambu pun tercipta.

Pondok Bambu sepertinya orang yang tinggal di wilayah Jakarta Timur tahu dimana itu Pondok Bambu. Daerah ini masuk dalam wilayah administrasi kecamatan Duren Sawit, yang mana tidak jauh dari Pondok Kelapa, Pondok Kopi dan Kalimalang. Pun Pondok Bambu menjadi sedikit terkenal lantaran di sanalah berdiri rutan wanita Pondok Bambu, tempatnya para kriminal berkelamin wanita tinggal menebus kesalahannya.

Advertisements

14 comments on “Sejarah Pondok Bambu, hahahahahha

  1. bro, itu nama bukunya apa ya? bawa-bawa nama pondok kelapa juga ya? gw tinggal di situ soalnya. 🙂
    btw, gw ada pic map nya klender/djatinegara tahun 1903. di situ ada nama Pondok Bamboe. kalo minat, tar gw kirim ke email loe.

    Like

    • katakelana
      7 April 2013

      212 asa usul jakarta tempo dulu nama bukunya, karangan zaenuddin HM, sippp bisa dehh dikirim itu fotonyaa

      Like

    • ira patriani
      26 July 2013

      kebetulan saya juga tinggal di pondok bambu hahahhahha…tapi emang betul lho ! kami sekeluarga pindah dari daerah tomang ke pondok bambu sekitar tahun 1979 atau 80 an…dan area rumah saya adalah asli hutan bambu !!! sampai-sampai ular pun menjadi binatang yang sering mampir masuk kedalam rumah heheheh….

      Like

      • katakelana
        2 August 2013

        ohh gitu yaa mbak kebetulan keluarga juga tinggal disana di awal 80-an tapi sy nyabelum lahirr hehehehhe

        Like

  2. ira patriani
    26 July 2013

    untuk ferfer Firmansyah, boleh nggak saya minta dikirim pic map nya klenger/djatinegara taun 1903 ?

    Like

  3. tri apriliani
    23 October 2013

    http://www.kabarpublik.com/2012/05/asal-muasal-pondok-kelapa-jakarta-dan-sosok-pahlawannya/ gan baca dah ini sejarah pondok kelapa, seumur umur tinggal baru tau hehe

    Like

  4. anonim7261
    8 March 2015

    Halo Katakelana, maaf nih, Anda tahu tidak asal muasal nama Klender itu darimana? Apakah ada di buku 212 asal usul jakarta tempo dulu nama bukunya, karangan zaenuddin HM? Terima kasih ^_^

    Like

    • katakelana
      9 March 2015

      wah saya lupa pak, mungkin bisa dibaca di buku tersebut hehehhehe

      Like

  5. ivan arief
    6 January 2016

    Thn 83 sy tinggal di duren sawit…yg mamanya ular masuk rumah ….wahhh biasa. Sering sy matiin tuh ular….bikin serem sih

    Liked by 1 person

    • katakelana
      12 January 2016

      wah sudah lama sekali itu pak, duren sawit tetangga pondok bambu

      Like

  6. rara
    14 November 2016

    BTW tinggal dimana nya min, saya jg di bambu asri

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 28 November 2012 by in Celotehan Kecil and tagged , .
%d bloggers like this: