Catatan Kata Kelana

Jazz dan Revolusi di Chekoslovakia

ahun 80-an akhir dan awal 90-an didunia memang banyak yang terjadi dalam perjalanaan umat manusia. Memang umur saya masih sekitar 6 tahunan pada masa itu, tapi dari sekian banyak revolusi yang meletus, namun ada satu yang menarik yaitu revolusi damai atau beludru yang terjadi dinegara Chekoslovakia bekas jajahan nya Uni soviet.

Tanpa dinyana ternyata ada kekuatan musik yang diam-diam turut serta meledakkan api revolusi disana, yup kekuatan musik itu adalah musik jazz. Seniman musik jazz di chekoslovakia yang menjadi tukang ngamen di lapangan masaryk yang berpusat di kota praha ternyata tak dapat dipandang remeh.

Pasalnya, mereka turut pula berperan serta dalam menyatukan para pendukung gerakan pembaharuan di negeri itu hingga terwujud revolusi damai yang berhasil menumbangkan pemerintahan komunis. Musik modern barat menjadi biang keladi yang turut mempengaruhi sikap anak-anak muda di cheko, tidak sedikit musik modern yang berisikan bahasa protes anak muda yang sudah jenuh dengan keterikatan hidup serba formal.

Mereka pun menuntut kebebasan membentuk diri dan kebebasan dalam berkreasi. sebagai hasilnya karena banyak terinpisari dari rasa kebebasan yang ditawarkan oleh musik barat, jazz pun menjadi tempat pelampiasan bahasa protes yang ternyata memperoleh luapan penonton yangmenarik dan selalau mengikuti setiap ada penyajian pertunjukan musik jazz.

Paguyuban seniman jazz di cheko ini sudah terbentuk jauh sebelum revolusi damai itu terjadi, sejak tahun tahun 1971 dengan musisinya yang terkenal yang bernama Karel Srp. Kelompok ini mengatur penyelenggaraan berbagai pertunjukan serta menerbitkan majalah berkala yang isinya berkisar mengenai pengetahuan tentangdunia jazz. Figur Karel sendiri cukup menarik karena penampilannya cukup enerjik.

Namun seiring perkembangan eskalasi politik di tahun 1980-an jazz di negera itu pun merubah warna dan menjadi bagian dari perjuangan politik kelompok gerakan pembaharuan terutama yang turut mewarnai semangat anak muda, apalagi ditambahpula dengam dengan perjuanam hak asasi manusia.

Untuk memperoleh simpati luas kelompok seniman musik ini juga turut serta dan termasuk sebagai sarana dari perjuangan charta 77 bentukan Jan Potocka yang sepenigal dirinya lalu warisannya diteruskan oleh civic forum pimpinan Vaclav Havel. media musik jazz pun sering digunakan sebagai sarana penghubung antara para pelajar damn mahasiswa dengan kaum cendikiawan Lantaran, protes yang diteriakkan, kuping pemerintahan komunis panas, paguyuban Jazz pun ketiban sial.

Tak pelak pagiuyuban ini pernah dibubarkan oleh pemerintahnya Milos Jakes dan musisinya Karel Srp ditangkap pada tahun 1987. Penangkapan terhadap Karel dan dimeja hijaukan beberapa kelompok musisi jazz lainnya seperti kelompok Chzech Children. The Society for friendship with the USA, The Independet Peace Society dan The John Leonnon Peace Club, mengundang reaksi massa terutama di kalangan muda mudi yang bersikap radikal terhadap pemerintah. hal ini malah menguntungkan posisi barisan pembaharuan dalam memperoleh dukungan para muda mudi yang turu serat menjadi pendukung utama revolusi beludru di Chekoslovakia.

Peristiwa revolusi beludru tentu saja tidak terlepas dari Terjadinya pergantian kepemimpinan di Uni Sovyet (US) pada tahun 1985 dengan tampilnya Michael Gorbachev, telah ikut membawa pengaruh yang amat besar pada Cekoslovakia dan negara-negara Eropa Timur lainnya. Pengaruh tersebut terlihat dalam demonstrasi besar-besaran yang dilakukan oleh generasi muda Praha dalam rangka memperingati 70 tahun kemerdekaan Cekoslovakia pada tanggal 28 Oktober 1988.

Demonstrasi pun terus berlanjut pada tanggal 16 Januari 1989 dalam memperingati kematian heroik tokoh mahasiswa Jan Palach yang bunuh diri dalam memprotes invasi US ke Praha tahun 1969. Dalam Upacara itu Vaclav Havel tampil sebagai pembicara utama, sehingga Havel ditangkap oleh penguasa dan semakin menambah panasnya situasi dan berlanjutnya demonstrasi. Memanasnya situasi politik di Cekoslovakia tahun 1989 dipengaruhi oleh pergantian kekuasaan di Polandia dan Jerman Timur ke tangan kelompok anti komunis yang diikuti oleh gelombang imigrasi dari Jerman Timur ke Eropa Barat via Cekoslovakia.

Runtuhnya Tembok Berlin pada tanggal 9 Nopember disambut hangat oleh para demonstran Cekoslovakia pada tanggal 16 Nopember 1989 yang mereka sebut sebagai Revolusi Beludru/Permadani karena dilakukan secara damai tanpa kekerasan.(berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 24 October 2012 by in Lintasan Musik.
%d bloggers like this: