Catatan Kata Kelana

Zappa dan Musiknya yang berbicara sendiri

Mendengarkan lagu-lagu dari Frank Zappa musisi eksentrik ini memang butuh mood dan rasa apresiasi tersendiri. Telinga ini harus disetting sedemikian rupa, gimana tidak musiknya ini sangat sulit untuk dicerna bagi telinga yang terbiasa mendengarkan musik-musik popular. Terlebih lagi musiknya itu jadul sekaligus unik, tetapi yang jadul dan unik itu lah yang membuatnya menjadi abadi. Nada-nada yang sulit ditebak, rumit sekaligus mengejutkan, formulasi bunyi yang variatif dan cerdas, musiknya pun seolah-olah berbicara sendiri. Maka tidaklah mengherankan seorang musikolog Dieter Mack mengatakan dalam salah bukunya, musik Frank Zappa berstruktur ritme yang bersifat sulit.

Frank Zappa adalah orang Amerika yang lahir pada 25 Desember 1940 di Baltimore Maryland. Orang tuanya berasal dari Yunani dan Italia. Bersama dengan keluarganya ia sering berpindah rumah. Namun waktu terpanjang dia habiskan di Lancaster California. Sejak masa kecilnya dia bernafsu untuk menyerap keaneragaman budaya musik Amerika. Zappa muda cenderung menetang orang tuanya, terutama karena ayahnya bekerja untuk industri militer. Sejak tahun 1956 dia bermain gitar pada berbagai grup Ryhtem and Blues dana pada akhir tahun 50-an dia sudah memulai eksperimennya dengan berbagai teknikl serialisme tatepi eksperimennya itu kuarng memuaskan.

Zappa merupakan seniman musik yang terdidik secara otodidak. Melalui pengalaman auditif yang mumpuni (baik dari sudut persepsi maupun kemampuan simpanan informasi musical), ia dapat mengembangkan suatu bahasa musik yang sangat individual dengan kedudukannya di antara musik popular dan seni musik kontemporer. Sebentar bekerja di bidang periklanan, Zappa memulai karir musiknya yang disbutnya dengan “anti marketing”, Zappa banyak bekerja dengan beberapa musisi yang tidak terpilih oleh karena kemampuan atau ketrampilan musikalnya, melainkan terpilih karena ideologinya (sikapnya) para musisinya. Alasannya, pada tahun 1960-an Zappa dan kawan-kawannya termasuk kelompok pemuda berontak yang senantiasa suka mengkritik gaya hidup hedonis diAmerika serta kemunafikan “establisment” dan terutama pemerintah Amerika Serikat

Pengutamaan ideology daripada keterampilan pada waktu awal itu, kebanyakan musisi frank Zappa adalah orang awam yang tidak bisa membaca notasi musik, sehingga Zappa terpaksa menciptakan metode khusus-mirip gaya penyampaian pada suatu budaya lisan-dalam upaya mewujudkan musiknya, baik ketika latihan maupun pementasan.

Pada akhir dekade 1960-an Zappa menggarap berbagai musik film dan dari musik itu banyak elemen dikembangkan selanjutnya di alam musiknya.. Tahun 1963 dia membeei studi kecil dari Paul Baff dan dia namakan studio itu dengan nama Z dimana di tempatnya itu ia mulai berekperimen. Saai itu mulai gerakan anarkisme di California yang akhirnya menjadi gerakan hiipie. Jika pada mulanya Zappa sangat mendukung protes terhadap kebiasaan dan keterasingan masayrakat serta American Way Of Life, justru ia menjadi salah satu kritikus terkemuka gerakan Hippie sebab menurutnya: akhirnya gerakan hippie justru seolah-olah membunuh diri oleh karena kehidupan hedonis serta kepasifan impian-impannya, disebabkan oleh peranan obat bius. Bagi zappa unsure revolusioner gerakan itu justru dapat dibalik menjadi kesadaran yang muadah dikuasai oleh rezim politik.

Zappa merupakan sebuah pribadi campuran, ia komposer musik klasik avant garde, seorang satiris yang membuat heboh dunia politik, dan termasuk gitaris ulung. Ia pun menganggap bahwa semua musik adalah sama sekalipun disaat mudanya ia lebih banyak mendengarkan musik karya komposisi rusia Igor Stravinsky atau pun Edgard Varese. Bagi ia suatu jenis musik atau gaya musik merupakan materi yang tersedia untuk diterapkan, namun yang penting adalah makna dan fungsi penerapannya tersebut.

Menurut Zappa sendiri teknik musik yang kebanyakan diterapkannya adalah memberi contoh yang kemudian diimitasikan. Dalam musik zappa bahasa memiliki peranan yang sangat tinggi, baik karena alasan isinya (kritik social politik golongan atas amerika) atau yang lainnya. Tidak mengherankan bahwa musik Zappa baik komposisi yang dinotasikan sepenuhnya maupun solo gitarnya selalu diwarnai dengan kesan ingin berbicara sendiri. Ia lebih banyak menggunakan kata proyek/objek untuk menamai pembutan karya-karyanya yang sedang dibuat. Ia sudah terbiasa mengabungkan musik orkestra dengan solo gitar rock atau musik jazz dengan Blues atau bahkan juga pop dengan klasik.

Grupnya Mother of invention juga merupakan grup musik rock pertama ang memasang iklan Marvel. Pesonanya pun langung bertebaran keman-mana karena tampangnya yang mitip dengan orang dari timur tengah. Nama belakangnya Zapp, juga mearik perhatian karena mirip dengan korek api Zippo. Group ini tekenal dengan suatu cara pementasan yang juga termasuk unsure teater, dadaisme, Happening dan yang lainnya, akan tetapi selalu sangat teratur. Musisinya selalu mesti menguasai semua karyanya, tetapi mereka juga harus mampu untuk merubah gaya permainannya, sehingga suatu lagu gaya rock n roll secara tiba-tiba menjadi lagu hard rock jika perlu dalam konsep teater zappa di panggung. Album pertamanya Freak Out mengundang banyak perhatian dari para penggemarnya Di sampul albumnya itu Zappa ikut menulis “Frank Zappa pemimpin sekaligus direktur Mothers Of Invention.

Sudah banyak album yang diproduksi oleh dirinya, antara tahun 1966 dan 1993 ia merilis lebih dari 50 album solo maupun bersama Mothers of Invention. Setelah tutup usai, jumlah album yang dirilisnya mencapai 60 buah. Zappa sangat produktif dan satu-satunya alasan mengapa dia begitu produktif, selain karena kegemarannya akan seks-ia meninggal karena kanker prostat yang dialaminya-, adalah karena musik menjadi satu-satunya hiburan baginya.

Karir Zappa diwarnai dengan suatu intensitas aktivitasnya selain sebagai musisi, juga sebagai komposer, aranser, produser, politikus dan yang lainnya. Para musikolog pun tampaknya bingung tentang dimana genre musiknya dapat dimuat karena musik zappa adalah zappa sendiri. ( Tulisan dan foto dari berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 22 October 2012 by in Lintasan Musik, Musik Rock.
%d bloggers like this: