Lagu Isabella ciptaan Search yang sekarang dinyanyikan oleh grup musik ST 12 dan menjadi soundtrack sinetron dengan judul yang sama ini mengingatkan kita kepada era kejayaan ketika musik import dari Malaysia merajalela dalam belantara musik Indonesia pada dekade 1990-an.

Nama-nama grup musik seperti Exist dengan Mencari Alasan-nya, Search dengan hits Isabellanya, Sting, UKS, Slam yang terkenal dengan gerimis mengundang, dan nama grup sejenis lainnya membawakan musik yang terdengar seperti lagu slow rock khas 80-an dan 90-an ini seakan-seakan menyeruak ke atas permukaan menyaingi musik Indonesia kala itu.

Invasi itu diawali dengan gebrakan penyanyi Malaysia yang bernama Sheila Majid yang diboyong oleh Aquarius dan melejit lewat karya Oddie Aam , Antara Anyer dan Jakarta (1987). Penyanyi ini diganjar piala penghargaan BASF di Indonesia melalui albumnya itu. Sukses Sheila Majid diikuti pula oleh grup musik rock Search yang lewat vokal Amy melantunkan tembangnya yang terkenal Isabella melalui label rekaman Musica. Amy juga kemudian didaulat untuk bermain dalam film yang berjudul sama bersama artis Nia Zukarnain.

Setelah itu serbuan penyanyi Malaysia ke Indonesia kian menjadi-jadi. Ada penyanyi Aisha yang membawakan lagu nostalgia karya Said Effendi, Fairuz yang meraih sukses lewat tembang Catatan Si Boy II dan Wings sebuah kelompok musik rock yang ingin mencatat prestasi seperti Search. Wings pernah mencoba menembus pemasaran kaset di Indonesia lewat Album berjudul Sejati yang ternyata kurang sukses di pasaran. Ada juga penyanyi Hillary yang disebut-sebut sebagai rocker terbaik dari negeri jiran itu. Sementara Amy Search kemudian membuat album solo Cinta Kita bersama penyanyi Inka Christi dan justru meraih sukses. Penyanyi ella yang bernama asli Noor zilla pun daalam kerjasamanya dengan Deddy Dores berhasil melejitkan tembang Mendung tak Berarti Hujan ke pasar Musik Indonesia.

Bagaimana hal ihwal lagu-lagu dari penyanyi dan grup musik Malaysia itu dapat dengan senantisa diterima oleh publik pendengar masyarakaat Indonesia. Berdasarkan atas keteramgan yang penulis lansir dari koran yang terbit pada awal decade 1990-an ini maka didapat keterangan. Tahun 1985 Judy Kristanto pernah memboyong penyanyi-ppenyanyi seperti Obbie Messakh, Ria Angelina, Dian Pieseha, Heidy Diana, Pance Pondaag, dan yang lainnya untuk dipromosikan di Malaysia, Judhi ketika itu bekerja sama dengan tiga pengusaha Malaysia yang kemudian membentuk perusahaan Suara Cipta Sempurna (SCS) sebagai jaringan distribusi khusus di negeri semenanjung itu.

Tetapi satu tahun kemudian kerjasama itu terhenti dan beberapa produk laris JK Record atas nama SCS beredar di kedai-kedai musik Malaysia. Usaha yang sama juga dilakukan oleh Senjaya Widjaya dari Musica dengan mitra produser rekaman dari Malaysia Ng Cheong Hock. Beberapa produk laris dari Musica Studio seperti Juleha (Jamal Mirdad), Dag Dig Dug der (Hetty Koes Endang), Hati yang terluka (Betharia Sonata), dan yang lainnya direkam ulang oleh Life record pimpinan Ng Cheong Hock. Perusahaan itu mau bekerja sama dengan baik dan selalu berhubungan dan kontak-kontakan dengan label rekaman di Indonesia apabila ada lagu-lagu baru.

Rupanya dari hubungan kerja sama inilah kemudian terjadi semacam pertukaran artis dari masing-masing perusahaan dan diawali dengan penyanyi Sheila Majid lantas kemudian diikuti oleh penyanyi atau grup musik lainnya ke Indonesia.Hal itu terjadi selain juga karena selera dari masyarakat kita yang selalu menerima sesuatu yang baru, khususnya yang datang dari Barat lagu-lagu yang tema dan langgamnya cocok dengan budaya negeri serumpun.

Bagaimana dengan lagu Isabella itu sendiri. Ada satu yang berbeda antara Isabella Search dengan Isabellanya ST 12 . Isabella search lebih kentara nuasansa rocknya dibanding dengan isabellanya St 12 yang lebih menekankan pada pop kemelayuannya. Maklumlakh keduanya hadir di zaman yang berbeda. Search ada ketika aroma musik metal dan slow rock masih tercium dan disukai oleh masyarakat banyak pada decade 1990-an, sedangkan ST 12 ada ketika pop melayu sedang menggila disini.(Tulisan dan foto dari berbagai sumber)